Jan 24, 2009

Portofolio Desain

Pakabar para blogger semua? Yang pasti saya berharap semuanya baik-baik saja. Tidak begitu dengan saya, makin hari makin sibuk (mungkin lebih tepatnya sok sibuk, hehehe…). Libur semesteran inginnya pulang ke kampong, makan sego sambel buatan ibu, main di sawah dan menyibak gemericik beningnya air sungai, manjat pohon kelapa ambil degan dan tentunya mungkin sekarang musim buah nangka dan alpukat (diuh…pengen cepet pulang!)

Tapi, apapun alasan itu ternyata tak memberikan saya banyak harapan. Kerjaan lagi numpuknya, events yang super padat dan tentunya ngurusi blog tercinta ini (cuih!). Sehingga, saya masih belum bisa pulang libur panjang semester ini. Di saat inilah, saya mencoba membuka file-file desain yang pernah saya buat. Beberapa file ini merupakan hasil karya desain yang saya anggap mampu mewakili kreatifitas saya. Mumpung waktu masih ada dan ada kesempatan untuk mendokumentasikannya, saya pun mempostingnya dalam blog ini. Berikut karya desain saya:







Behind the design:
Leaflet Perpus Kota Surabaya:

Si empunya minta desain yang tampak kuno (ancient). Intinya menggambarkan kota Surabaya tempoe doeloe. Setelah mencermati beberapa desain kuno, saya pun memutuskan desain leafletnya seperti ini. Namun, seperti pada umumnya, bahasa verbal klien yang mungkin agak memekakkan telinga (dan itu mungkin dah biasa kali yah…), akhirnya desain saya pun nggak muncul sampai saat ini (pfuh…risiko sebagai desainer). Pendidikan moral 7: kritik dan komentar bukan berarti kita menyerah begitu saja, namun jadikanlah sebagai sebuah batu loncatan ke arah lebih baik.

Kyut:
Merupakan salah satu character design yang saya buat. Karakter ini bernama RO-RO. Karakter ini saya buat saat akan mengakhiri kegiatan KKN saya di Gresik yang mempresentasikan salah satu teman saya yang sangat “ndableg” tapi bersahaja. Karakter ini menggambarkan sosok yang peduli, suka bercinta dan penuh kasih sayang, namun kadang terliat konyol dan “mbanyol”.


"pendidikan moral 7: kritik dan komentar bukan berarti kita menyerah begitu saja, namun jadikanlah sebagai sebuah batu loncatan ke arah lebih baik.



Poster Ramadhan
Yang ingin saya tampilkan pada poster ini adalah menggambarkan suasana ramadhan dalam kebersamaan. Konsep ini saya garap dengan menonjolkan kesan gambar hasil karya anak-anak yang lucu yang terwakili dengan sket kasar. Hal ini menandakan penyambutan mahasiswa baru lulusan dari SMA yang sudah menyandang status mahasiswa. Selain itu, latar belakang menggunakan BW (hitam putih) adalah karena nantinya poster ini difotokopi sehingga desain utamanya adalah BW.[]

No comments: