Jan 2, 2009

Desain Interior Vol.1

Berita Palestina masih terdengar dan terlihat di telinga, kita semua pasti berharap penderitaan warga Palestina akan segera berakhir.

Di malam tahun baru 2009, ada sesuatu yang mengganjal hati ini. Kenapa? Karena di sisi lain masih berat dan sedih melihat penderitaan warga Palestina yang tak bisa merayakan malam tahun baru dengan suka cita. Biasanya kita menyalakan kembang api, namun mereka nyala kembang api terganti dengan nyala roket dan rudal Israel. Sungguh malam yang mencekam…

Di sisi lain, aku harus bisa terlihat bahagia kala di tempatku (Magnet Zone Bookcafe) mengadakan New Year’s Party…yah…ada rasa bersalah juga.

Namun, bukan berarti di sini aku membicarakan suka atau duka tentang tahun baru, namun lebih tepatnya aku ingin menunjukkan Karya Desain Interior pertama kali yang membuat rasa bangga tersendiri. Desain interior ini digarap bareng partnerku, Affan. Biasanya kita menyebutnya Afgan Studio (Afiq-Affan Ganteng Studio). Hehehe…


Silakan menikmati hasil desain interior kami….
Pintu Masuk: hiasan tulisan “HAPPY NEW YEAR 2009” terpampang di kaca pintu. Ditambah hiasan pita parsel yang digantung dan lampu hias yang melengkapi suasana meriah. Tujuannya adalah agar pintu terkesan “welcoming” bagi pelanggan.


Tempat kasir: memang sengaja kami tempatkan pas depan pintu, jadi ketika ada pelanggan datang, tampang senyum ramah sudah diluncurkan, “Selamat Datang…Salam Magneters…”. Area kasir kami desain memang sengaja ditampilkan kesan bersih. Karena mata pelanggan pertama kali masuk harus terlihat “fresh”. Untuk menjadikan suasana lebih hidup, kami mencoba menambahi lukisan Magnet Zone sebelah kanan.




Selanjutnya, area utama toko buku kami desain dengan konsep colorful, di mana hiasan yang kami pilih terlihat mencolok. Satu kesan yang ditangkap adalah area yang luas dan menyenangkan. Paduan ini kami siasati dengan menampilkan keragaman kain warna pink, ungu dan hijau toska yang menghiasai atap. Di sisi jendela luar kami meletakkan tanaman hidup agar terlihat menyejukkan bagi pelanggan dan kasir. Di sebelah pojok kiri, deretan rak buku yang ditata rapi dengan paduan vas bunga kecil-kecil menambah suasana lebih menyenangkan. Apalagi warna rak buku juga sengaja dipilih bergradasi dari warna orange ke kuning lalu nyambung lagi ke orange.




Sebelah pintu masuk juga diletakkan rak berderet yang digunakan untuk tempat penitipan tas. Komposisi warna juga kami perhatikan agar terkesan rapi an segar.




Selanjutnya area toko buku umum kami desain dengan menggantungkan balon warna magenta yang terlihat melayang dipadu dengan liukan kain warna hijau toska dan ungu. Serta dilengkapi dengan tanaman hias hidup, tujuannya adalah membuat efek kesan segar dan tak terlihat terlalu lebar.



Pada area toko buku agama dan komik, kami hanya menambahkan floor display dan lampu hias.




Selanjutnya, pada area café ada dua area: area café 1 adalah area keluarga dengan tatanan sofa dan sebelah pojok kiri pintu dihiasi bintang-bintang. Adapun pintu yang menghubungkan dengan area café 2 dihiasi dengan tampilan balon yang mengelilingi pintu. Kemudian di dalamnya dihias dengan lampu redup biru dan lampu hias agar suasana café benar-benar terasa. Di luar area kami juga meletakkan lampu hias hujan untuk mendukung interior di dalamnya.



Terakhir, kami memberikan sentuhan pada area koridor dengan menambahkan kain putih yang dibentangkan di kanopi berderet dengan lampu.


Afgan Studio: Affan and Afiq


Ini adalah hasil karya dan kerja keras kami, yang paling membanggakan adalah kami mengerjakannya mulai pukul 22.00 hingga 08.00 (11 jam). Selain itu, malam berikutnya owner kami melakukan shooting dari JTV di area utama toko buku. Alhamdulillah…

No comments: