Jul 16, 2009

Besuk Sat: Saksi Bisu Gunung Semeru


Huah...akhirnya saya pulang juga. Tanggal 8 Juli menjadi momentum paling menyenangkan bagi saya. Pertama, saya bisa pulang dan istirahat dari kerjaan kantor. Kedua, nyulik teman dari Bandung (namanya kang Ade) untuk ikutan, hehehe...Ketiga, hari perpisahan dengan my little brother ke Jakarta. Keempat, bisa refreshing lagi dan Kelima, "mrawani" kamera pocket baru (kali ini bondo dewe...)

Pukul 2 dini hari (pagi), waktu yang disepakati untuk meluncur ke rumah. Setelah lelah dengan pekerjaan yang selesai pukul 00.00 WIB, dengan istirahat sejenak sekitar satu jam. Saya menculik kang Ade (sahabat baru anaksemeru asal Bandung, tepatnya si empunya BADGER Surabaya). Kami pun berangkat sesuai dengan jam kesepatakan dan...Huyuh! dingin! Udara saat itu kurang bersahabat sehingga kami harus merapat berboncengan. Padahal pengalaman sebelumnya, berangkat jam segitu suhu udara masih hangat. Dan sungguh gila! Udara dingin menemani kami dari Surabaya-Pasuruan...bayangkan betapa bekunya kami saat itu. Huh! Namun, sungguh aneh, ketika sampai di Probolinggo, udara hangat dan otot tegang kami mulai mencair. Perjalanan sungguh nyaman. Tapi, saya mulai berpikir ulang...jangan-jangan keadaan ini hanya sampai perbatasan kabupaten saja. Yang benar saja, ketika meninggalkan kabupaten Probolinggo lalu masuk kabupaten Lumajang, udara dingin menyergap kami lagi. Hwah....



Subuh, tepat kami sampai di alun-alun kota, sekalian salat lalu pulang ke rumah. Di tengah perjalanan, saya menawarkan kepada kang Ade bahwa kalau cuaca bagus biasanya gunung Semeru terlihat jelas saat ini. Benar saja, dengan sapuan sinar matahari, puncak Semeru tersingkap!



Siang harinya, setelah menyontreng, kami berangkat ke kawasan pemantauan Gunung Semeru. Tepatnya daerah gunung Sawur yang ada di kaki bukit gunung Semeru. Hijaunya sawah, kebun sayur, pohon cemara, kebun kopi dan tentunya pohon kelapa dan pisang menemani kami selama perjalanan. Hanya sekitar satu jam kami sampai di Besuk Sat (sebutan lain adalah Loji). Yah, daerah ini merupakan aliran lahar dari gunung Semeru. Kalau Anda pernah lihat kali lahar Semeru ketika berita lahar dingin tempo hari, ya inilah tempatnya. Tapi, saat kami ke sana, gunung Semeru sedang bersahabat sehingga kami tak menemui lahar yang menakutkan itu. Kamipun transit di pos Besuk Sat.



Setelah memarkir motor, kamipun menikmati pemandangan gunung Semeru dari jarak dekat. Tak puas, kami meluncur ke bawah (ke kali lahar: Besuk Sat). Dan Subhanallah...gunung Semeru sungguh memukau, lebih maknyus dari tempo hari yang saya lihat!


Dan saatnya bermain. Melewati riak air bening, kami berlarian di antara batu dan rumput liar. Pasir dan kerikil-kerikil kecil menemani kami. Dengan bekal camilan apa adanya kami menghabiskan waktu di antara bebatuan. Ups! Haus...jangan khawatir, karena air yang ada di aliran sungai Besuk Sat bisa diminum langsung. Jernih dan segar! Aqua...lewat! Glek!


Menjelang sore, kami naik ke atas lagi untuk salat ashar. Setelah selesai, kami menunggu matahari terbenam. Dan sungguh menyesal, kami melewati sedetik matahari tenggelam di antara gunung-gunung kecil Semeru. Kamipun berlarian meluncur ke bawah untuk mengejar momen yang paling kami tunggu itu. Namun, huh...telat deh! Kami hanya melongo. Tak apalah...lain waktu pasti kami akan kembali lagi.



Menjelang magrib kami pulang, tapi tidak langsung ke rumah melainkan ke pusat kuliner di kota. Tepatnya di stadion Semeru. Kami yang lapar pun dengan lahapnya menyantap nasi ayam bakar. Setelah kenyang, kami pulang dan tidur untuk menyiapkan diri besok untuk balik ke Surabaya. Puas deh! []

4 comments:

BeeMouNTaiN said...

hmmm dah update lagi blognya neh... daku belom ada waktu neh buat nulis lagi... keren bro pic nya!

anak semeru said...

@ BeeMouNTaiN...hehehe...kmren pas qt lg lburn pilpres...seru aj bs plg..mumpung punya kmera sendiri bro...makasih atas apresiasinya

balita said...

bagus2 pemandangannya mas....


salam kenal ya....
http://shell32.web.id

anak semeru said...

@balita: well...makasih dah berkunjung...makasih jg atas apresiasinya...slm knl jg bro...